Selasa, 01 Juli 2014

1 JULI 2009: AKHIR SEBUAH NAMA, YANG KUPANGGIL "BAPAK"

Selalu ada keinginan buat menuangkan salah satu fase kehidupan ini disini. Fase kehidupan yang bisa jadi adalah titik awal sebuah perubahan, atau titik persinggahan proses kehidupan yang memang harus dijalani. Terlepas dari apapun itu namanya, ini adalah sebuah cerita tentang komunikasi seorang hamba pada Tuhannya yang berbuah pada keikhlasan.

Siapa yang tau soal cerita ini dimulai dari firasat kata hati beberapa tahun sebelumnya. Siapa yang tau bahwa firasat itu makin jelas sejak 4 bulan sebelum tanggal ini. Saat hati nyeletuk ketika ngabadiin moment yang bisa jadi terakhir dipunya. Tapi saat itu ana ga mau ambil pusing buat dengerin kata hati ana.

Semua dimulai 4 bulan ke belakang. Awal bulan Maret ketika memang skenario yang Allah buat itu sungguh2 Maha Besar buat dijadikan sebuah pelajaran. Betapa benar selalu ada hikmah dibalik sebuah peristiwa, walaupun itu peristiwa paling buruk dalam hidup sekalipun. Dan walaupun semua itu baru dirasakan setelah beberapa tahun berfikir.

Ana mutusin resign dari pekerjaan ana selama hampir 2 tahun ini karena tekad ana udah bulet buat ngegapai mimpi ana bisa masuk perguruan tinggi. Ya, setelah 2 taun lulus sekolah menegah atas ana tetep masih punya keinginan besar buat belajar di dunia kampus. Motivasi ana adalah karena ana pengen ngejar mimpi ana buat belajar lebih lanjut soal Jepang. Keputusan itu pun ada setelah sekian lama ana berfikir dari segi kemampuan finansial yang banget2 bikin minder awalnya.

Tapi bapak nyemangatin ana, salah satu tugas seorang bapak adalah membesarkan hati anaknya untuk terus maju mengejar mimpi ga usah mikirin biaya. Entah uang dari mana yang penting usaha dulu, yang penting fokus dulu. "Lagian kalo buat masuk universitas negeri kaya UNJ mah ana pasti mampu". Itu pesen bapak yang bener2 nguatin ana.

Cuma siapa tau rahasia Allah, ketika semua itu ber barengan dengan semakin jauhnya bapak bakal pergi ninggalin ana. Di tengah jalan dengan meninggalkan sebuah keyakinan soal kemampuan ana gataunya Allah udah punya kehendak lain. Allah udah ngerencanain bahwa dari Maret sampe Juli 2009 itu adalah momen quality time ana sama bapak. Allah sungguh2 Maha Besar, tidak ada Tuhan selain Engkau yaa Allah.

Gataunya abis ana resign dan mulai nyiapin strategi perang buat SNMPTN, bapak mulai ngeluh sakit. Ana pikir yaa palingan sakit biasa2 aja, namanya udah tua. Ga taunya bapak udah investasi penyakit berat gara2 kebiasaan buruk ngerokonya dari sejak kecil itu. Mulai dari cuma berobat ke puskesmas, sambil lama2 kok jadi sering mondar2 kesana dan keluhan yang dirasa bapak makin banyak, sampe akhirnya harus masuk rumah sakit karena bapak ga kuat nahan sakitnya.

Waktu pertama ke Puskesmas, cuma didiagnosis ala kadarnya dan dikasih obat2an buat diminum sambil selanjutnya disuruh ronsen. Selanjutnya dari hasil ronsen yang ngangetin itu, dokter bilang paru2 sebelah kiri bapak udah bolong. Inilah investasi yang ana bilang sebelumnya, karena rokok semua karena rokok. Dan waktu itu dokternya cuma ngasih obat2an buat ngurangin rasa sakitnya. Dan ana juga telat mikir yaa emang bener cuma bisa buat ngurangin sakitnya, karena paru2 bolong mana bisa ditambel kan.

4 bulan terakhir ana nemenin bapak kesana sini, biasanya ana suka males nemenin bapak. Tapi gatau kenapa hati ana nyuruh ana buat ngelakuin itu dan ana pikir ga ada salahnya sekali2 ana nurutin maunya bapak. Puncaknya ketika bapak harus dirawat di rumah sakit dan saat itu juga ana lagi sibuk2nya persiapan ujian. Ana mulai sibuk ngurusin itu semua dan engga bisa fokus nurutin mau bapak yang seringnya minta apa2 ana yang layanin. Bahkan kalo di rumah sakit kerjaan ana ya belajar, ngerjain buku soal.
Sebenernya ana sempet hampir down waktu bapak mulai makin lemah dan ana takut mikirin kemungkinan ana ga bisa kuliah, tapi ya itu dia, bapak bilang kalo UNJ doang mah ana pasti dapet. Kalimat itu yang jadi penguat ana, dan bener aja ana lolos. Walaupun banting stir keterimanya di sosiologi.

Keadaan bapak makin parah, dan makin parahnya lagi bapak maksa mau pulang ke rumah, bapak gamau lama2 di rumah sakit katanya. Akhirnya yaa kita cuma bisa nurutin maunya bapak. Pulanglah bapak dari rumah sakit dengan penyakit paru2 yang udah bolong, didiagnosis TBC, udah gitu plus didiagnosis pneumonia stadium lanjut.

Ketika ana mulai sadar bahwa ajal bapak mungkin udah deket, ana protes ke Allah. Ana marah sama Allah, ana ngancem Allah pokoknya jangan ambil bapak ana dari sisi ana! Ana engga rela titik!!
Tiap hari itu adalah doa yang ana ucap, sementara kondisi bapak makin payah. Pulang dari rumah sakit,  bapak mulai sering ngedumel sendiri, marah2 sendiri, makin susah buat gerak, dan lama2 makin susah buat komunikasi, buat ngomong udah susah, bahkan terakhir udah ga bisa ngomong. Dilain pihak pun ana makin sibuk ngurus ini itu buat persiapan ujian SNMPTN ana. Ana jarang di rumah, jarang ngelayanin bapak. Waktu ana banyak abis buat belajar, ngerjain soal, ngurusin berkas, dan lain sebagainya.

Sampe akhirnya ana nyerah, ana nyerah sama keadaan. Ana ga kuat liat bapak makin kurus, makin lemah, makin payah bahkan buat buang hajat ke kamar mandi. Dan puncaknya pas ana liat bapak dibopong a otoy dan a cecep buat ke kamar mandi itu ana mengaku kalah dari takdir Allah. Berurai air mata ana bilang sama Allah.
"Yaa Allah, kalo emang Engkau pengen ngambil bapak ana, ambil aja, ana ikhlas, ana engga kuat liat bapak menderita, ana ga tega liat bapak kesakitan dan kepayahan kaya gini, ana rela yang penting bapak engga kesakitan lagi, Allah tau yang terbaik buat bapak ana".
Ana sadar, doa ana sebelumnya yang ngalangin bapak buat pergi. Allah pengen ngajarin ana pentingnya merelakan apa yang paling berharga bagi hidup kita itu adalah sebuah hal yang amat berat buat kita jalanin, tapi Allah Maha Besar dan Dia tau apa yang terbaik buat makhluk-Nya.

Dan puncaknya hari ini, 5 tahun yang lalu. Abis semaleman belajar dan nyiapin semuanya, pagi2 buta ana udah rapi dan siap2 pergi ke tempat ujian. Sebelum berangkat, tentu aja ana pamitan sama bapak. Waktu itu bapak abis disuapin sarapan sama mama dan abis dielapin badannya. Ana nyamperin bapak yang daritadi ngeliatin ana, ana bisikin di kuping sebelah kiri bapak.
"Pak, ana berangkat ujian dulu ya.. Doain ana".
Bapak cuma dengerin tanpa ngerespon sesuatu, malahan abis ana ngomong itu bapak kaya orang mau buang reak. Spontan dalem hati ana bilang, ih bapak jorok.
Dan Masya Allah..!! Ana sama sekali engga tau kalo itu adalah saat2 sakaratul maut bapak..!! Ana engga tau kalo dihadepan bapak udah ada malaikat pencabut nyawa yang udah siap ngebawa bapak ana pergi..!!
Seandainya ana tau dari awal soal kode ini, ana engga mau pergi ujian ninggalin bapak ngadepin hal paling menyakitkan itu..!! Ana mau dideket bapak terus, bisikin kalimat Allah dan terus ada disamping bapak..!!

Abis ngucap itu ana langsung balik badan ke arah pintu sambil make sepatu ana. Mama bilang waktu itu bapak terus ngeliatin ana dan mungkin juga bapak engga berharap ana pergi..
Hari itu ana ujian di salah satu SMPN di Jakarta selatan deket Blok M. Dan emang semua butuh perjuangan, gataunya hari ini Blok M jalannya ditutup karena ada upacara hari ulang taun kepolisian. Sementara ana cuma tau rute jalan yang bus ana biasa lewatin, dan karena ada upacara itu bus yang ana naekin lewat jalur lain.. Tapi ya lagi2 Allah Maha Besar, ada ibu baik hati yang nolong ana. Dia ngasih tumpangan bajaj ke ana buat sampe ke tempat ujian ana dan alhamdulillah ana ga telat sampe tempat ujian.

Kalo yang ini wallahu alam. Waktu ujian berlangsung, ana duduk di bangku paling belakang deket tembok. Sekitar jam9an pas ujian pertama, ana denger suara bapak jelas banget manggil ana dari belakang. Ana sempet mikir, ya jelas kaga mungkin lah,, bapak kan di rumah.. Tapi,, entah kenapa hati ana bilang buat nengok,, walaupun secara logika ana ga bakal nemuin sosok bapak di balik punggung ana. Dan ana ngelakuin itu, ana nengok ke belakang, dan tentunya disana engga ada bapak..

Selesai ujian pertama, pas istirahat, ana ditelpon mama suruh ntar pulangnya jangan maen. Langsung pulang, hati2 di jalan. Ana bilang iya2 aja, dan tanya kenapa sich ribet banget. Ana pasti pulang lah. Sambil mastiin bapak ga kenapa2 kan di rumah. Mama bilang iya bapak ga kenapa2, bapak tungguin ana di rumah.

Tapi ternyata, pas jam2 siang ana sampe rumah. Bapak beneran udah ga ada. Bapak udah tiduran kaku ditutupin kaen.
Udah engga ada lagi bapak ana yang paling belain ana, anak perempuannya ini. Udah engga ada lagi bapak yang sayang banget sama anak perempuannya ini.
Bapak beneran ninggalin ana selama2nya mulai hari itu, bapak beneran pergi ninggalin ana sendirian.

Yaa Allah, ampunilah segala dosa bapak ana. Jangan siksa bapak ana dengan azab kubur-Mu. Biarin ana yang nanti nanggung azab itu. Sayangin bapak ana yaa Allah, sama kaya Engkau selalu sayang sama Ana. Jadiin semua pahala kebaikan ana buat bapak, dan jangan jadiin dosa yang ana lakuin berimbas ke bapak. Ana sayang bapak yaa Allah. Ga bakal ada orang di dunia ini yang bisa gantiin posisi bapak ana. Bapak ana yang paling hebat yaa Allah..
ORZ
T.T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar