Sabtu, 10 Oktober 2020

SEMUA YANG BERNYAWA PASTI AKAN MERASAKANNYA

credit foto: Rosalina Puspita Dewi

10 Oktober 2020

Sekarang jam nunjukkin pukul 22.41 WIB. 2 anak ana udah tidur. Suamii lagi maen game sambil dengerin musik seperti biasa. Dan ana pun seperti biasa lagi ngutak atik hp dengan segala macem aplikasi yang ada di dalemnya.

Mulai dari scrolling shopee, cek whatsapp, ngintip instragram, ngelongok fb, sampe browsing di google. Kebiasaan2 ini udah jadi makanan sehari2 ana, dan momen paling bebas itu ya pas anak2 udah pada tidur. Semacam me time lah ya.

Hari ini mungkin biasa aja buat ana, sama kaya hari2 biasa ana yang lain. Tapi hari ini, buat temen ana, orang yang udah ana anggep kaya abang ana sendiri, adalah hari bahagia sekaligus hari tersedihnya. Hari ini anak pertamanya lahir ke dunia ini dari rahim istrinya. Tapi, hari ini juga istrinya meninggalkan dunia ini setelah melahirkan anaknya.

Allah SWT emang bilang kalo semua yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Kita tau dengan jelas firman itu, bahwa semuanya juga akan transit di alam kubur. Cuman aja, kok rasanya jadi sepi ya hati ini kalo ngebahas kematian. Terlebih kalo itu terkait kematian orang yang kita kenal.

Apalagi ini soal meninggal setelah melahirkan. Ana sebagai perempuan yang alhamdulillah udah 2x melahirkan dan selamet, jadi mikir keras. Bagaimana bisa dan mungkin seorang perempuan meninggal setelah melahirkan. Apa yang menjadi penyebabnya? Ana ga tau kenapa bisa begitu.

Setelah ana googling, tersebutlah 2 penyebab yang paling banyak terjadi kenapa seorang perempuan bisa saja terenggut nyawanya ketika atau setelah melahirkan. Yaitu preeklamsia dan pendarahan. Preeklamsia adalah tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Sedangkan pendarahan terjadi bisa jadi karena ada robekan yang menyebabkan pendarahan. Dari situ ana berfikir, pantes aja setelah melahirkan sesar itu ada jeda 2 jam sebelum pindah ke kamar perawatan. Jeda itu untuk mengobservasi hasil dari operasi apakah ada kondisi abnormal atau tidak.

Gimanapun juga, rasanya sedih kalo liat ada kerabat yang ngalamin kejadian yang berujung nyawa melayang. Apalagi ini seharusnya adalah hari bahagia karena anak yang ditunggu2 sudah lahir. Tapi Allah menakdirkan ada yang datang ada juga yang pergi.

Yang sabar ya Jiz. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar