Jumat, 31 Januari 2014

REVIEW ANIME DAN ANIME MOVIE USAGI DROP

Sebenernya review ini udah lama pengen ana tulis sejak selesai nonton anime dan doramanya. Tapi karena belom nemuin kenyamanan nulis makanya ana tunda2 terus. Anime dan Dorama Usagi Drop ini ana dapet dari ngerampok nichan. ^_^
Anime Usagi Drop dan Doramanya adalah adaptasi dari manga berjudul sama. Cerita tentang anak kecil bernama Rin yang diurus sama keponakannya bernama Daikichi. Daikichi sendiri seorang cowo umur 30taun yang kerjanya di perusahaan fasion. (Nah lho bingung)
Jadi, ternyata Rin yang umur 5taunan ini (kalo ga salah) adalah anak ilegal hubungan kakeknya Daikichi sama cewe yang di awal cerita belom ketauan siapa. Kakeknya Daikichi meninggal karena udah tua, tinggallah keluarga Kaga (nama marganya) bingung. Ini bocah mau dipelihara siapa. (ayam kali, dipelihara) lol Ujung2nya karena empati, akhirnya Daikichi mengajukan diri buat ngurus Rin. Dan Rin pun mau.
Yang menarik dari anime ini adalah hubungan Rin dan Daikichi yang cukup aneh kata ana, awalnya ana pikir ini cerita tentang lolicon (orang dewasa yang sukanya anak kecil), tapi ternyata engga (engga tau maksudnya, abisan di tankoubon manga terakhirnya si Rin jalan sama Daikichi tau mau kemana) selain itu yang menarik adalah tentang dunia anak kecil yang indah dan penuh misteri..
Ana akuin Jepang emang keren ngemas suatu plot cerita jadi penuh makna. Di saat orang lain menonton sesuatu sekedar buat hiburan, orang Jepang ngemasnya dengan penuh penghayatan dan ga maen2 jadi bisa diresapin maknanya. Contoh lain anime keren yang penuh makna adalah Chibi Marukochan, yang laen mungkin nonton karena Maruko itu imut, tapi padahal banyak pelajaran kehidupan soal dunia anak kecil yang kadang engga disadarin bahwa kita tuh lagi diajarin..
Ada konsep di anime ini yang menarik perhatian ana, yaitu soal kelahiran seorang anak dan penanaman sebuah pohon. Jadi di anime ini dikasih tau kalo tiap anak di Jepang (gatau deh budaya ini masih dipraktekkin apa engga disana) yang lahir maka ia bakal punya sodara yaitu sebuah pohon yang tumbuh bareng sama dia. Dan ngomong2 soal ini, jaman dulu waktu ana kecil ana pernah denger konsep ini. Orang Betawi jaman dulu kalo lahir dan udah cukup besar buat milih, disuruh milih mau nanem pohon apa.. Dan nene2 tetangga ana dulu (menurut penuturan cucunya yang adalah temen ana) milih pohok sawo sebagai pohon dia..
Permasalahannya adalah, sayang banget konsep ini engga dibudayakan lebih lanjut disini.. Padahal keren banget konsep ini, bisa jadi solusi menghadapi global warming. Konsep menanam pohon berbarengan dengan kelahiran seorang anak bisa jadi numbuhin rasa peduli sosial yang cukup tinggi, anak bisa diajarin rasa peduli kepada makhluk dan dia bisa menghargai hidup makhluk lain..
What a beautiful day if we can share happiness to each other.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar