Senin, 20 Mei 2019

PETUALANGAN KE PERPUSNAS SALEMBA


Tempat paling cocok buat ngerjain skripsi adalah perpustakaan. Tiap orang beda2 sih cara belajarnya, ada yang lebih suka ngerjain skripsi di rumah, di mall, atau ngerjain di perpus. Dari ketiga tipe itu, ana lebih cocok sama pilihan terakhir.

Gatau kenapa ana gabisa ngerjain skripsi di rumah, padahal alatnya sama, laptopnya sama, isinya sama, tapi gatau dah ga bisa aja kalo belajar di rumah. Yang ada yang bakal ana buka kalo di rumah yaitu folder musik ataunya film, buka folder buku atau nulis hampir susah banget. Kecuali ada deadline besok harus nyerahin tulisan ke dosen, hihihi.

Alhamdulillah sih skripsi ana udah kelar, lagi tunggu diresmiin aja buat jadi sarjana. Tapi suasana perpustakaan bikin kangen ajah. Kalo dipikir2, ana udah akrab sama perpustakaan dari kecil. Waktu ana tinggal di Kelurahan Jati Kecamatan Pulogadung, ana suka ke perpustakaan di daerah Pulo Asem. Disana ada masjid yang punya perpustakaan. Ana biasa nyebut nama masjidnya Masjid Raya Pulo Asem. Ana biasa kesana sama temen2 ana, jalan kaki dari rumah, sekalian petualangan. ^_^ Buku yang biasa ana baca disana adalah Majalah Bobo.

Masa sekolah MI, MTs dan Aliyah ana juga mayan akrab sama perpus. Ana inget suka baca buku di perpus sekolah. Kalo jaman MI ana sukanya baca buku cerita rakyat, jaman MTs ana inget pernah baca buku tentang agama dan novel Harry Potter. Kalo jaman Aliyah kayanya mah Cuma mampir tunggu waktu kosong abis. Hihihihi..

Begitu masuk kuliah, mampir ke perpus juga jarang. Palingan ke perpus itu kalo ada tugas kuliah. Kalo ke perpus males cari buku secara manual, lebih banyak cari informasi secara online. Buku digital jadi pilihan yang paling praktis buat ana. Tapi habit itu berubah sejak mulai ngegarap skripsi. Perpustakaan jadi tempat yang paling enak buat konsentrasi nulis. Tapi yang jadi permasalahan adalah pembiasaan diri buat betah di perpus. Di awal2, et dah cuma kuat setengah jam doang! Abis itu ngantuukkkk.. hahahaha

Perpus gede UNJ, perpus pusat UI, perpus Freedom Institute jadi pilihan ana buat ngerjain skripsi. Kalo perpus nasional (disingkat perpusnas atau ppn) ga jadi pilihan ana karena beberapa hal. Pertama karena ppn yang biasa ana datengin itu ppn yang ada di depan monas, di sebelah balai kota. Pas ngegarap skripsi, ppn balai kota lagi direnov, jadinya ga bisa belajar disana. Ppn yang satu lagi ada di salemba, (padahal jatohnya lebih deket ketimbang ppn balai kota) tapi ana belom pernah kesono! Hahahaha.. Karena belom pernah kesono jadi ana gatau gimana alurnya (sepertinya ribet), jadi ini jadi alesan kedua ana engga ngerjain skripsi di ppn.

Tapi hari ini ana kesana. Ana ke perpus nasional jalan salemba. Petualangan hari ini jadi berkesan juga ternyata.. Hihihihi.. Ke ppn salemba karena diajak temen, dia pengen mulai cari bahan buat skripsinya. Berangkat kesana dengan modal tanya sama satpam. Posisi ppn nya sih tau, tapi gatau yang mana perpusnya. Ternyata perpusnya adanya di gedung kedua kalo diitung dari deretan sebelah kanan. Begitu masuk, langsung tanya satpam lagi gimana caranya masuk perpus. Katanya harus bikin kartu perpus kalo mau masuk. Kebetulan ana udah punya kartu perpusnas, dulu bikin pas taun 2011 pas ada tugas kuliah dan nyari buku. Tapi kalo temen ana harus bikin dulu dia.

Cara bikin kartu perpusnya ngisi form secara online di pc anjungan yang ada di sebelah kiri sonoan pintu masuk. Kalo udah ngisi, catet no kartu anggota terus antri (kalo emang rame) buat diproses lebih lanjut. Proses lebih lanjutnya adalah ketemu sama bapak2 petugas buat bikin pas foto buat di kartu perpusnya. Bapak2 petugasnya kocak, ngelucu tapi rada ngeselin hihihi. Abis itu tadaa, kartu perpus kita langsung jadi meen!! Bisa langsung kita pake buat masuk area perpus di lantai 2.

Kalo udah punya kartu perpus, kita absen dulu di pc yang ada scanner buat kartu kita. Cara mindai kartunya rada aneh, bentuknya mika plastik buat naro kartu kita disitu, posisinya ada di atas layar pc. Buat pemula pasti bakal keder gimana cara mindai kartu kita supaya kedetek, jadi disitu stand by bapak satpam buat ngasih tau caranya. Kalo udah kepindai, kita pilih alasan kita berkunjung kesitu. Apakah buat baca buku, cari referensi, atau sekedar main internet. Ana pilih main internet, karena niatnya ana pengen apply lamaran kerja pake wifi gratis hihihi.

Abis itu ke meja sebelah pc absensi buat minjem loker kalo kita bawa tas gede. Soalnya tas, makanan, dan minuman dilarang masuk ke dalam area perpus. Buat pinjem loker kita naro ktp dan sejenisnya buat jaminan. Kalo udah, kita bisa masuk ke area perpus. Buat naek ke lantai 2, kita harus ngelewatin palang pintu model pintu yang biasa ada di stasiun di Jepang. Cara supaya pintunya bisa kebuka, kita harus ngegesek kartu perpus kita, hohoho pas disini berasa norak. Abis itu naek lift buat ke area perpusnya mulai lantai 2 dan seterusnya.

Pas di awal tadi ana sempet tanya sama bapak satpam tempat yang enak buat duduk2 belajar dimana selain di lantai 1 ini, (di lantai 1 ini ada beberapa bilik2 tempat buat belajar juga). Kata bapak satpamnya bisa di lantai 4, jadi ana cus kesana. Ternyata disana ga ada colokannya. Penting diinget, pejuang skripsi itu amat sangat membutuhkan colokan! Setelah itu butuh banget wifi gratis, hihihi. Udah gitu disana bau kamper, sejak bapak meninggal ana jadi takut bau kamper. Ana mendifiniskan bau kamper sama dengan bau mayat. Karena orang yang udah meninggal pas mandi kayanya dikasih kamper yang banyak. Ana jadi pobia bau kamper dan langsung sakit kepala kalo nyium baunya.

Ana coba gugling di pc anjungan di lantai 4 itu. Ana soalnya gatau tiap lantai di ppn sini apa aja koleksinya. Akhirnya ana mutusin ke lantai 2, katanya disana tempat sirkulasi buat pinjem buku. Kali aja disana ada colokan. Dan ternyata bener disono ada colokan, hihihi. Langsung deh kesana. Ana sempet baca buku pdf di laptop, sempet utak atik novel bikinan ana, sama sempet nulis postingan ini sebentar. Abis itu tau2 udah mau jam tutup aja, jadi dilanjutkan di rumah nulisnya.

Yang menarik soal kunjungan di ppn hari ini adalah, ana ketemu beberapa cowo. Tepatnya 3 orang cowo abang2 dan 1 lagi ana mangilnya om. Om ini awalnya minta tolong buat fotoin mereka bertiga pake kamera mereka, dari situ jadi ngobrol2 sebentar. Dia tanya ana kuliah dimana, ana bilang ana kuliah di Sosiologi UNJ. Terus dia bilang kenal Pa Asep, ya jelas lah ana kenal. Pa Asep itu salah satu dosen ana. Ana bilang nanti ana sampein salamnya kalo ketemu Pa Asep, nama om ini katanya Djimo. Dan ternyata om ini kenal juga sama Pa Robet. Dia kaget pas ana bilang kalo Pa Robet sekarang jadi Kajur Sosiologi.



notes : tulisan ini dibuat tanggal 15 maret 2016 dan baru dipublikasikan 20 mei 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar