Rabu, 24 Februari 2016

TIKAR RAVI VS KETIMBANG NGEMIS

Ceritanya dua temen Aliyah ana bikin usaha. Tau2 aja mereka gercep bikin usaha street food yang dikasih nama Tikar Ravi, alias Roti Bakar ala mereka. Sepertinya persiapan usaha mereka termasuk cepet, tau2 udah launching ajah.. 😀

Waktu launching pertama tikar ravi di jalan persahabatan raya tanggal 13 Februari 2016 ana dateng. Itung2 dukung usaha temen kurang lebih namanya. Tentu aja ana belinya roti bakar. 😂

Setelah itu ga beberapa salah satu temen ana itu hubungin ana minta tolong bantu jualan. Usut punya usut, ternyata temen ana yang satunya mundur karena kecapean. (Bisa dimaklumin, secara doi salary man plus freelance juga.) Jadilah ana mau ikut bantu.

Tentu aja dengan skb alias syarat ketentuan berlaku. 😅 Soalnya ana masih harus jaga konter zakat. Yaa minimal sampe bulan ini buat sayonara sama donatur. Juga skb soal ana misalnya dapet kerja tetap, karena ana mau cari kerja tetap secepatnya.

Singkat cerita sore tadi jualannya. Dimulai dengan pake jasa angkutan mobil box online, beres2, n tadaaa kita jualan meen.. 😂 Jualan tikar juga masih, cuma menu minumannya dihilangkan karena peraturan di lapak ini ga boleh ada persaingan dengan penjual lain.

Jadi tuh, jualannya udah ga di jalan raya persahabatan lagi tapi di jalan cipinang jaya sebelah giant supermarket. Lapak jualannya punya ormas pendukung presiden saat ini yang katanya nyuarain kaum marjinal yaitu kaum tuna rungu. Cukup tertata design ruang lapak ini. Terdiri atas sekitar sepuluh penjual makanan n minuman yang berbeda2.

Intinya, usaha itu butuh perjuangan. Usaha itu soal memodifikasi modal sedemikian rupa sehingga menghasilkan sedemikian laba. Usaha itu bukan cuma soal nikmatin keuntungan yang banyak, tapi soal menikmati rasa syukur mendapat berapapun uang hari itu.

Betapa pelajaran bisa dateng dari mana. Soal susahnya mendapat selembar mata uang berwarna biru sementara begitu cepatnya menghabiskan si biru itu dalam hitungan menit. Coba banyangin gimana sedihnya mereka di luar sana yang cari penghasilan seharian penuh hanya demi lembaran lusuh si abu2 yang kumel dan dekil.. 😥😭😭😭😭😭😭😭

Coba deh jadi pengusaha dari nol, sambil liatin perjuangan pejuang kehidupan di instagram @ketimbang.ngemis. Dijamin gabisa sedih cuma karena sehari dapet untung selembar si biru. Bisa jadi mereka hidupnya lebih berkah daripada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar